Cashflow Quadran By Robert T Kiyosaki

Cashflow Quadran By Robert T Kiyosaki

        Robert T. Kiyosaki adalah seorang pengusaha real estate / Properti di Amerika Serikat. belau dibesarkan oleh seorang pengajar di salah satu institusi Pendidikan di Hawaii Amerika Serikat. Banyak kisah kehidupan yang dialami beliau mulai lepas dari pendidikan sampai menjadi pengusaha besar di bidang real estate. tapi bukan itu yang menarik dari beliau, beliau memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi khususnya di bidang pendidikan, beliau seorang penulis buku bisnis best seller dunia. Yang menarik dari salah satu buku beliau adalah adalah yang membahas tentang Cashflow Quadran.

       Cashflow Quadran Robert T Kiyosaki berupa matriks yang terdiri dari 4 bagian yaitu :
E : Employee (Karyawan)
S : Self-Employee (Pekerja Lepas)
Dua kuadran tersebut terletak pada sisi kiri matriks, yang artinya orang-orang yang berada pada sisi kiri matriks adalah mereka yang mengejar kebebasan finansial yang teratur dan terhindar dari resiko.misalnya : PNS, TNI, POLRI, BUMN, Dokter Spesialis, Akuntan Publik konsultan dll.

B : Business (Pengusaha yang memiliki karyawan)
I : Investment (Investor)
Dua kuadran di sisi kanan matriks,yang artinya orang-orang yang berada pada sisi kanan matriks. mereka adalah sekelompok orang yang mencari kebebasan waktu dan tenaga melalui usaya yang dibanunnya. seorang Businessman membangun sebuah sistem dan mempekerjakan beberapa orang untuk menjalankan sistem bisnisnya. sedangkan investor akan memilih sistem yang dijalankan orang lain untuk memberikan bantuan berupa dana dengan pembagian keuntungan berdasarkan investasi yang dimilikinya.misalnya : pengusaha martabak telor yang memiliki cabang dimana-mana, franchiese, pemilik saham, Koperasi, bank dan lain-lain.

Setiap sisi matriks memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, setiap orang berkesempatan untuk mencapai kebebasan finansial mereka di setiap matrik tersebut. tapi hanya sedikit sekali orang yang meraihnya, karena mereka kurang memahami lebih dalam dari setiapmatrik tersebut. hanya mereka yang benar-benar faham dan memiliki ilmu yang cukup memadai untuksukses di setiap matrik.

Setiap orang bisa saja sukses di salah satu matriks, asal tau ilmu dankonsisten di salah satu matriks tersebut. kebanyakan orang kurang konsisten, dan kurang jam terbang, sehingga mereka terkadang terjatuhketika ingin berpindah matriks.

So, Persiapkan diri anda sekalian matriks mana yang akan anda pilih, pelajari, fahami dan mencoba untuk konsisten di salah satu matriks. dan apabila ingin berpindah ke matriks yang lain, persiapkan dengan baik. karena sesuatu yang berhasil dimulai dari persiapan yang baik pula.

Semoga bermanfaat sedikit corat-coret di blog ini.

Komentar

Postingan Populer