Punya Waktu Luang Banyak, Rejeki Cukup, Kenapa Tidak Ambil Kuliah Online Aja...?

            Pendidikan merupakan salah satu investasi yang tidak akan lengkang oleh zaman. Apalagi disaat krisis ekonomi saat ini, setiap orang dituntut untuk bisa bertahan di kondisi apapun kalo tidak mau tersingkir dari kejamnya kehidupan ini. Nah, salah satu kemampuan yang kita perlukan adalah ilmu yang kita miliki. Jangan pernah puas tentang ilmu yang telah kita miliki saat ini, sebenarnya banyak sekali hal-hal yang tidak kita ketahui di dunia ini. Ibarat pepatah mengatakan, tak akan cukup umur kita untuk mempelajari ilmu yang ada di muka bumi ini. Kecuali umur kita tak terbatas dan otak kita seperti data center yang tak terbatas pula.
            Saya memiliki waktu luang yang cukup banyak, rejeki juga lumayan cukup. Saya beranggapan bahwa hidup ini tidak cukup hanya dengan bertahan hidup saja, kita perlu bersaing. Nah, dalam persaingan tersebut kita perlu sebuah persiapan. Salah satu persiapannya adalah kita punya investasi. Susah cari investasi yang tak lekang oleh zaman? Ya isi otak kita tentunya. Sebisa mungkin kita harus tetap berinvestasi di otak kita selain berinvestasi di sektor keuangan. Jangan pernah berhenti untuk berinvestasi. Kita lihat orang-orang sukses terhahulu, mereka sukses karena investasi mereka banyak.
            Pertama kali saya mengambil kuliah online, saya kurang begitu yakin dengan kualitas ilmu yang saya dapatkan. Tetapi, lama-lama ilmu itu akan berkembang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Mungkin menurut kita sedikit sekali apa yang didapat di kuliah online. Akan tetapi sebaliknya, kita akan dapat pengalaman yang lebih banyak ketika terjun langsung di dunia industri. Selain berbekal ilmu yang ala kadarnya, dan dihadapkan pada masalah yang sangat kompleks, mau tidak mau kita harus tetap upgrade ilmu kita dong? Seiring upgare ilmu tersebut sebuah tuntutan industri,ilmu tersebut juga menunjang wawasan kita saat kuliah online tadi.
            Banyak sekali keuntungan yang saya dapat saat saya belajar secara online, sumber-sumber ilmu tak terbatas. Dulu kita mengenal ilmu hanya dari kata pendidik kita. Tapi, ketika saya mengambil kuliah online, sumber-sumber ilmu menjadi tidak terbatas. Mulai dari saat pertemuan di kelas onsite, kelas online, buku penunjang, buku perpustakaan, jurnal online, e-book, website dan yang tidak ada bentuknya seperti tacid knowledge pun dapat kita dapatkan dengan mudah.
            Fleksibilitas, itu yang paling utama. Saya dulu memulai kuliah online dari saat menjadi karyawan. seiring berjalannya waktu saya harus berhenti menjadi karyawan dan mulai menjadi pengangguran. Selama menganggur saya mencoba untuk membangun sebuah usaha peternakan kecil-kecilan, dan terus berlanjut dengan bolak-baliknya roda kehidupan yang saya jalani. Tetapi, satu hal yang tidak pernah berubah, pendidikan saya terus berjalan tanpa saya terkena Drop Out. Disinah sisi fleksibilitas ketika mengambil sebuah kuliah online.
            Efisisnsi, berapa tahun kita menghabiskan waktu tidak berguna kita secara sia-sia? Kita tak bisa menghitungnya dengan pasti. Tetapi ingat, suatu saat nanti pasti kita akan menyesalkan apa yang telah kita sia-siakan. Dua hal yang tidak mungkin terulang kembali, Waktu dan Usia. Selagi kita masih mampu untuk belajar, kenapa tidak? Banyak sekali celah-celah ilmu yang bisa kita dapatkan. Tetapi satu yang saya suka dari kuliah online, kita tetap memiliki penghargaan yang sah apa yang telah kita kerjakan disaat waktu luang kita isi dengan kuliah online IJAZAH.Sebagian orang menganggap hal itu bukanlah hal yang penting, tetapi bagi saya Ijazah adalah sebuah penghargaan yang luar biasa yang saya inginkan. Apalagi disaat-saat kondisi ekonomi yang tidak menentu saat ini. Terkadang kita harus ikut bersaing dengan orang-orang baru yang menginginkan kehidupan yang lebih baik, tetapi bekal kita kurang update dengan perkembangan saat ini.
            Terakhir, saya menghimbau kepada pembaca sekalian, gunakan waktu yang kita miliki semaksimal mungkin. Karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi esok hari. Roda kehidupan akan terus berjalan. Apa yang kita miliki saat ini belum tentu membuat kita sukses dimasa depan. Tetapi, apabila kita manfaatkan apa yang kita miliki saat ini dengan baik, InsyaAllah kita akan tetap sukses dimasa ini dan masa yang akan datang.Terimakasih telah membaca sedikit corat-coret yang saya buat. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Bukan pujian atau hinaan yang saya cari, tetapi sharing ilmu yang bermanfaat yang saya cari.

Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat...

Komentar

Postingan Populer